Perkebunan ( S1 )

Budidaya Perkebunan
Program studi Budidaya Perkebunan  adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang melandasi budidaya tanaman perkebunan. Arah kajian keilmuan dan progeram studi ini mencakup disiplin, proses, teknik, dan alat bantu yang dibutuh kan dalam budidaya tanaman perkebunan yang meliputi tahap perencanaan, pembibitan, penanamani,  pemeliharaan, panen dan kwaliti control.
Pogram studi Budidaya Perkebunan  Universitas Tjut Nyak Dhien ditujukan sebagai pusat keunggulan penyelenggaraan pendidikan Perkebunan yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan melalui pemanfaatan skill yang dimiliki. Mata kuliah yang diberikan fokus untuk memperoleh pengetahuan tentang budidaya tanaman perkebunan yang menerapkam teknologi modern dan yang memungkinkan lulusan  memilki keunggulan bersaing. Antara lain sepertiBioteknologi, Fisiologi Tumbuhan,  Pengelolaan Perkebunan, Teknologi Budidaya Tanaman Perkebunan, Manejemen mutu industri.
Lulusan Budidaya Perkebunan  sangat dibutuhkan Oleh perusahaan yang menjadikan Sarjana Perkebunana sebagai solusi dalam mendukung  proses bisnis, memenangkan kompetisi atau bahkan untuk mendorong terciptanya bisnis bisnis baru. Antara lain sebagai manejer, wirausaha, konsultan, akademisi dan profesional Perkebunana seperti manajer Perkebunan, manajer proyek Perkebunan, Konsultan Perkebunan.
 
Visi
Menjadi Program Studi Budidaya Perkebunan yang unggul yang berkualitas menghasilkan lulusan yang profesional berdaya saing tinggi dan berjiwa wirausaha dalam mewujudkan masyarakat madani sumatera utara.
Misi  
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dibidang budidaya perkebunan
2. Menyiapkan lulusan berkualitas berilmu dan berwawasan lingkungan serta dapat menyesesuaikan diri dengan kemajuan IPTEK
3. Membangun kerja sama dengan pihak luar, baik pemerintah maupun swasta yang saling menguntungkan terutama dalam bidang pengembangan, pendidikan dan pelatiahan
4. Melaksanakan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan membina kehidupan 
masyarakat
 
Tujuan Program Studi
Menghasilkan lulusan yang berkualitas, terampil, dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan IPTEK dibidang budidaya perkebunan serta memiliki kemampuan berwirausaha.
 
Kompetensi Lulusan
Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketaaqwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air
Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan teknoloi Perkebunan dan penggunaannya untuk membantu pelaksanaan manajemen dan proses bisnis .
Mempunyai keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan dan bekerja sama dalam tim, kemampuan beradaptasi dengan cepat, kreativitas serta kemampuan analisis.
Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan bidang ilmu/teknologi atau melanjutkan studinya.
 
Peluang kerja dan Usaha lulusan
Bekerja pada perusahaan perkebunan, Dinas pertanian, Industi Pembenihan, Pupuk ,pestisida nasional ataupun multinasional. Bergabung di Kementrian pada pemerintah pusat dan bebagai badan pusat penelitiannya (Penelitian dan pengembangan/Litbang) Pemerintah daerah (Pemda).Lembaga Pembiyaan seperti Bank-Bank pemerintah dan swasta. Akademisi dan Peneliti di Perguruan tinggi ataupun lembaga Riset.Industri pangan ,pakan, farmaka dan Biodiesel.Menjadi konsultan Profesional di sektor Pertanian/Perkebunan ,ataupun diorganisasi Besar. Badan Pertahanan Nasional (BPN), LIPI, BUMN, LSM, Agribisnis Pertanian. Pegawai Bank, Guru, Dosen, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional Bukosurtanal.
 
Peluang kewirausahaan Mahasiswa dan Lulusan.
Pengusaha pada komoditas Perkebunan, Pangan, Hortikultura serta kehutanan, Pengusaha dalam bidang pembenihan, Penjualan pupuk serta pestisida atau alat-alat Produksi pertanian. Menjadi konsultan Profesional di Sektor Pertanian/Perkebunan.
 

 

© 2017 Universitas Tjut Nyak Dhien - Pusat Sistem Informasi